3 Langkah Mudah Mengoptimalkan RAM Pada Linux

RAM atau Random Access Memory adalah salah satu komponen penting yang terdapat di setiap komputer. Fungsi dari RAM tentu sudah kita ketahui yakni menyimpan sementara data-data selama komputer hidup serta membantu prosesor dalam proses kalkulasi misalnya.

Nah, selama mengoperasikan komputer, Anda mungkin pernah merasakan beberapa masalah yang biasanya disebabkan oleh RAM. Misalnya komputer yang sering lag atau hang tiba-tiba saat menjalankan program tertenntu meskipun menurut Anda kapasitas RAM yang Anda miliki sudah mencukupi.

Dalam artikel ini penulis mencoba memberikan beberapa tips yang sudah penulis coba , dan cukup efektif untuk mengoptimalkan performa dari RAM komputer.

  1. Gunakan Task Manager

Salah satu cara yang paling mudah untuk mengontrol segala proses yang berjalan pada sistem operasi adalah menggunakan Task Manager tentunya. Baik Windows ataupun Unix memiliki Task Manager yang mampu menyortir urutan proses sesuai dengan penggunaan RAM terbesar. Dengan mengetahui proses-proses mana saja yang memakan banyak resource, Anda akan lebih mudah menghentikan proses itu.

Jika Anda menggunakan desktop unity misalnya seperti yang penulis gunakan, Anda bisa mencari Task Manager ini dengan mencari “System Monitor”.

  1. Matikan Aplikasi Startup

Aplikasi Startup adalah aplikasi yang secara otomatis dijalankan sewaktu komputer dihidupkan. Semakin banyak aplikasi yang dimuat saat startup, maka semakin berat pula kerja RAM Anda. Anda mungkin perlu mengecek kembali aplikasi mana saja yang ada pada Startup dan mematikan aplikasi yang dirasa tidak terlalu diperlukan.

Untuk mengecek aplikasi startup, Anda bisa menggunakan perintah berikut :

sudo -i

cd /etc/xdg/autostart/

sudo sed –in-place ‘s/NoDisplay=true/NoDisplay=false/g’ *.desktop

  1. Aplikasi Pihak Ketiga

Untuk lebih meningkatkan kinerja RAM, ada cara yang praktis bisa Anda lakukan yaitu dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi pihak ketiga ini berfungsi untuk meningkatkan kinerja dari RAM Anda dan sistem komputer secara keseluruhan. Untuk aplikasi yang penulis gunakan adalah Ubuntu Tweak.

Bila stelah melakukan tips-tips diatas RAM belum juga menunjukan performa yang baik, mungkin ada baiknya Anda mengganti dengan RAM dengan kapasitas lebih besar dan sesuaikan dengan beban kerja Anda.

Semoga bermanfaat !