4 Tampilan Desktop Linux Yang Bisa Anda Coba

4 Tampilan Desktop Linux Yang Bisa Anda Coba

Berbeda dengan Windows dan Mac yang pada dasarnya sudah mendapatkan tampilan desktop dan UI, Linux tidak memiliki tampilan desktop. Akan tetapi, hal itu menjadi keuntungan tersendiri karena dengan begitu Anda bisa memilih tampilan desktop Linux sesuai selera Anda. Semua tampilan Linux ini bisa Anda dapatkan secara gratis dan bebas.

Nah, kalau Anda sedang mencari tampilan Desktop yang bagus untuk Linux Anda, berikut 4 tampilan desktop linux yang bisa kamu coba.

Gnome3 (www.gnome.org)

Gnome3 adalah tampilan desktop Linux yang paling banyak digunakan setelah KDE. Gnome3 merupakan versi pengembangan dari Gnome2 sebelumnya. Setelah muncul Gnome3 ini, pasar Gnome2 semakin menurun dan sebagian developernyapun sudah beralih ke MATE.

KDE (www.kde.org)

KDE adalah desktop Linux yang paling populer disamping Gnome3. Banyak yang bilang kalau KDE adalah tampilan Linux yang paling menyerupai Windows khususnya untuk tema. KDE memiliki banyak fitur dan pilihan kustomasi yang dapat mempercantik OS Linux Anda.

Namun sayangnya, KDE ini tidak dapat digunakan pada komputer dengan spek rendah semisal Notebook atau komputer tua. Untuk menggunakan KDE Anda memerlukan spek yang lebih tinggi karena tampilan yang satu ini cukup berat.

Xfce (www.xfce.org)

Anda bisa mempertimbangkan tampilan Linux Xfce bila komputer Anda tidak memiliki spesifikasi yang memadai. Xfce memiliki tampilan yang lebih ringan dibanding Gnome3 dan KDE dan mirip dengan Gnome2/MATE. Mesikipin terbilang ringan, Xfce memiliki keseimbangan antara performa dan fungsi yang dimilikinya.

Unity (unity.ubuntu.com)

Unity adalah tampilan default untuk Ubuntu. Unity sendiri masih didukung Gnome dan bisa dibilang hampir semua sama kecuali desktopnya. Unity di support secara resmi oleh Ubuntu dan sangat cocok untuk Anda yang masih belajar menggunakan Linux karena tampilannya yang lebih sederhana.

 

Selain dari yang sudah kami sebutkan diatas, sebenarnya masih ada beberapa tampilan Linux lainnya seperti LXDE, Cinnamon, dan lain-lain. Anda bisa memilih salah satu diantaranya,mana yang paling pas dengan selera Anda !