5 Aplikasi Audio Terbaik Untuk Linux

Kalau kamu terbiasa menggunakan Windows pasti sudah tau beberapa nama audio player terbaik di Windows. Sedangkan untuk Linux sendiri bagi kamu yang belum terlalu familiar, sebenarnya ada banyak aplikasi audio keren yang bisa kamu gunakan. Saat menginstall sistem operasi Linux biasanya memang sudah terinstall dengan aplikasi audio bawaan, tapi kali ini kita akan berikan beberapa daftar aplikasi terbaik untuk Linux yang bisa kamu coba.

5 Aplikasi Audio Terbaik Untuk Linux

#1 Rhythmbox

Rhythmbox adalah audio player bawaan yang terpasang di Ubuntu. Kelebihan Rhythmbox terlatak pada interfacenya yang mudah digunakan dan juga kaya fitur.

Kamu bisa meng-import musik dari harddisk, mengsinkronkan dengan audio player eksternal, serta mengimport musik dari FTP. Di Rhythmbox, kamu bisa membuat playlist dengan mudah, bahkan Playlist dapat dibuat dengan otoamtis sesuai genre, ratings, dan beberapa kriteria lain.

Jika interface utama belum memenuhi kebutuhan kamu, kamu bisa menambahkan plugin lain, misalnya salah satu plugin yang memungkinkan kamu menampilkan lirik lagu saat memutar lagu.

#2 Banshee

Banshee bisa menjadi audio player alternatif Rhythmbox. Aplikasi ini secara default tersintall untuk Linux Mint dan memiliki beberapa fitur yang sama dengan Rhythmbox.

Selain sebagian pemtar musik, Banshee juga bisa kamu gunakan untuk menonton video. dan kalau kamu adalah penggemar podcast, Banshee ini juga memiliki fitur dimana kamu dapat mengimport file podcast secara langsung dan memutarnya di player ini.

#3 Quod Libet

Kelebihan yang dimiliki Quod Libet adalah ukuran aplikasinya yang kecil tetapi memiliki interface yang baik dan mudah diubah sesuai selera.

Quod Libet juga memungkin kamu untuk menghubungkan perangkat lainnya seperti MP3 Player atau ponsel  dan memainkan musik dari interface Quod Libet.

#4 Amarok

Amarok ini adalah audio playar yang didesain untuk KDE Desktop.

Aplikasi-aplikasi KDE biasanya sangat mudah di custom dan hal itu juga berlaku untuk aplikasi Amarok ini.

Kamu bisa memindahkan panel-lanel yang sesuai keinginan, sehingga nama artis, lagu, dan genre bisa muncul dimanapun kamu mau.

Salah satu fitur keren yang ada di aplikasi ini, yaitu dengan salah satu plugin tambahan dimana kamu bisa melihat halaman Wikipedia tentang artis dari lagu yang sedang kamu dengarkan.

#5 Clementine

Clementine mungkin bisa menjadi alternatif audio player dari keseluruhan aplikasi yang sudah kami sebutkan diatas. Kaalau kamu lebih suka dengan aplikasi yang memiliki tampilan “clean” dan tidak ribet, Clementine bisa jadi pilihan.

Clementine  menyediakan dukungan yang lebih  baik untuk perangkat iPond dibandingkan Amarok. dan sama seperti player lainnya, Clementine juga memungkinkan kamu melihat lirik lagu yang sedang dimainkan,  tentunya dengan plugin tambahan yang perlu kamu tambahkan terelebih dahulu.