7 Alasan Mengapa Hacker Lebih Memilih Linux Daripada Windows

7 Alasan Mengapa Hacker Lebih Memilih Linux Daripada Windows

Pernah tidak kamu bertanya mengapa sebagian besar hacker atau mereka yang geek, lebih suka menggunakan Linux ketimbang Windows ? Belakangan ini bahkan penggunaan Linux tumbuh pesat dan bisa bersaing sejajar dengan sistem operasi populer seperti Windows dan OS X.

Pada Linux yang 100% open source ini kamu bisa memodifikasi tampilan dengan baris kode di kernel linux. Linux juga punya grafis yang kuat dan tool-tool pendukung lainnya.  Nah, biar lebih paham, berikut ini adalah beberapa alasan mengapa Linux adalah pilihan yang tepat untuk para hacker.

  1. Open Source

Linux adalah OS yang 100% open source alias kode sumber Linux bisa kamu utak-atik sesuka hati. Kamu bisa memodifikasi OS ini seusai kebutuhan. Dan banyak aplikasi yang ada di Linux yang juga open source dan gratis.

  1. Kompatibilitas

Linux mendukung banyak perangkat keras dengan persyarat hardware yang rendah. Sistem operasi ini digunakan pada hampir segala jenis komputer, mulai dari komputer pribadi hingga super komputer bahkan smartphone.

  1. Instalasi Mudah

Seiring berkembangnya Linux, saat ini sudah banyak distro Linux yang menggunakan instalasi program yang mudah digunakan. Waktu booting OS ini pun sudah lebih cepat dari beberapa sistem operasi lainnya.

  1. Stabilitas

Pada OS Windows, bisanya kamu perlu reboot secara berkala untuk mengembalikan performa. Namun di Linux, kamu tidak perlu repot-repot melakukan hal ini.

  1. Jaringan

Pada dasarnya, hacker akan masuk kedalam jaringan. Di Linux, opsi jaringan lebih baik dibanding Windows. Banyak perintah yang bisa digunakan untuk melakukan penetrasi jaringan.

  1. Mendukung Banyak Bahasa Pemograman

Linux mendukung banyak bahasa program mulai dari X++,Java,PHP Phyton, Perl dan banyak lagi. Hal ini sangat memudahkan hacker untuk berkreasi sesuai bahasa program yang diminati.

  1. Toosl Hacking Lengkap

Nah, di Linux ini banyak sekali tools hacking yang tersedia dan terbilang canggih. Misalnya John the Ripper, NMAP, Nessus, Wireshark, dan Dsniff.

 

Itulah beberapa faktor mengapa hacker lebih suka menggunakan Linux daripada Windows.
Apakah kamu tertarik menggunakan Linux ?