Apa Itu Linux Packages dan Bagaimana Cara Installnya

Apa Itu Linux Packages dan Bagaimana Cara Installnya

Bagi Anda yang menggunakan distro berbasi Debian seperti Debian, Ubuntu, Mint, atau Distro berbasis Red Hat seperti Fedore dan Centos, cara aplikasi diinstall di komputer Anda sama.

Cara fisik untuk mengsintall softare mungkin sedikit berbeda. Sebagai contoh, dalam graphical tool di Ubuntu adalah Softare Center and Synapticc sedangkan di Fedore ada YUM Externder dan open SUSE.

Satu kesamaan yang mereka miliki adalah fakta bahwa aplication package membuatnya lebih mudah untuk di install.

Distro debian menggunakan package .deb sedangkan Red Hat menggunakan RPM. Ada banyak package lain yang tersedia pada umumnya namun semua bekerja dengan cara yang sama.

Apa itu Repositories ?

Repositories berisi software packages.

Ketika Anda mencari via Softare Center atau menggunakan tool seperti apt-get atau yum, Anda akan dilihatkan daftar semua pacakages didalam repository yang ada di sistem Anda.

Repositori software dapat menyimpan file-file pada satu server atau di banyak server yang berbeda yang lebih dikenal dengan istilah mirror.

Cara Install Packages

Cara paling mudah untuk mengisntall packages adalah menggunakan tool grafik yang disediakan distro Anda.

Graphical tool membantu Anda mengatasi masalah ketergantungan  untuk memvalidasi bahwa isntalasi sudah bekerja dengan benar.

Jiak Anda lebih suka menggunakan command line, makan Anda bisa menggunakan command line package managers.

Untuk melihat apa isis suatu Package di Debian, Anda bisa membukanya menggunakan archive manager. File-file yang ada dilaman sebuah package biasanya berupa :

Control

Data

Debian-binary