Apa Perbedaan Linux dan Unix ?

Apa Perbedaan Linux dan Unix ?

Sistem operasi tidak hanya didominasi oleh OS komersial seperti Windows saja. Saat ini sistem operasi berbasis open source seperti Linux pun turut menghiasi perangkat komputer di seluruh dunia dan juga digunakan di berbagai bidang.

Anda mungkin sudah sering mendengar nama Linux bukan ? Bagaimana dengan Unix ? Sebagaian dari Anda mungkin tidak pernah mendengar sistem operasi yang satu ini. Atau Anda mungkin befikir bahwa Linux dan Unix adalah sistem operasi yang sama. Tapi kenyataanya tidak demikian.

Kalau Anda merasa bingung apa sebenarnya perbedaan Linux dan Unix, dalam kesempatan ini penulsi akan menjelaskan sedikit tentang Linux dan Unix yang perlu kamu ketahui.

Apa itu Linux ?

Linux adalah nama sistem operasi yang diberikan untuk komputer bertipe unix. Linux adalah salah satu contoh dari pengembangan perangkat lunak berbasis open source.

Nama Linux sendiri diambil dari nama pembuatnya yang diperkenalkan pada tahun 1991 oleh linus Torvalds. Linux awalnya diciptakan oleh Linus Torvalds sebagai bentuk emulasi terminal untuk mengakses server yang menggunakan Unix yang terdapat di Universitas termpatnya berguru.  OS Linux adalah pengembangan dari salah satu varian Unix yaitu MINIX.

Untuk melihat perbedaan antara Linux dan Unix adalah dari sisi penggunaannya. Linux lebih sering digunakan untuk keperluan personal.

Dan berbica tentang Unix, Unix adalah sebuah sistem operasi komputer yang muncul dari proyek Multics pada tahun 1965 yang dilakukan oleh AT&T, GE, dan MIT. Unix dirancang khusus sebagai sistem operasi multi user, multi tasking, dan portable. OS ini lebih sering digunakan sebagai workstation dan server berbeda halnya dengan Linux.

Dulunya Unix menjadi pilihan tepat dan diprcaya memberikan layanan yang handal untuk perusahaan besar di dunia, tapi saat ini Linux sudah menguasai server dunia karena dianggap lebih rasional dengan biaya yang lebih eifisien dan user friendly.

Hampir lebih dari 500 server top dunia menggunakan Linux sebagai OS mereka. Itulah mengapa Anda lebih sering mendengar Linux daripada Unix. Tapi satu hal yang perlu Anda catat adalah, tanpa Unix dan tanpa penelitian yang dilakukan di laboratorium Bell labs, Anda mungkin tidak akan merasakan sistem operasi Linux saat ini.

Nah, sampai disini sudah tahu bedanya kan ?
Jadi Unix dan Linux itu bukanlah sistem operasi yang sama.