Cara Mengambil Screenshot Di Linux Ubuntu

Cara Mengambil Screenshot Di Linux Ubuntu

Sebagai sistem operasi berbasis open source, Linux telah memberikan banyak kemudahan bagi penggunanya. Selain gratis, pengguna juga dapat menikmati berbagai fitur yang terdapat pada sistem operasi linux yang tak kalah lengkap dengan sistem operasi berbayar lain seperti Windows. Bahkan untuk beberapa distro  seperti Ubuntu sudah dapat di sejajarkan fitur-fiturnya dengan Windows.

Salah satu fitur yang sering kali diperlukan adalah capture atau screenshot layar. Bila di sistem operasi Windows sebagian dari Anda mungkin sudah familiar, mengambil screenshot di Linux tidaklah sulit dan bisa Anda lakukan dalam beberapa langkah.

Sama seperti sistem oeprasi lainnya, di Linux Anda bisa mengambil screenshot dengan beberapa cara yakni menggunakan tombol Print Screen yang ada pada keyboard atuapun melalui sistem.

Cara mudah screenshot di Linux Ubuntu

  1. Menggunakan Tombol Print Screen

Untuk mengambil  screenshot menggunakan tombol Print Screen, secara otomatis tombol tersebut terasosiasi dengan program Screenshot atau Gnome Sceenshot jadi pengguna bisa melakukan pengambilan screenshot dari aplikasi tersebut. Anda cukup tekan Alt + Print Screen dan hasil screenshot akan disimpan pada folder “Pictures”

  1. Menggunakan Terminal

Anda juga dapat mengambil screenshot melalui terminal dengan mengetikkan perintah berikut :

gnome-screenshot

Bila Anda hanya ingin mengambil screnshot pada jendela yang aktif saja, gunakan perintah ini :

gnome-screenshot -w

Bila Anda ingin gunakan hitungan mundur saat mengambil screenshot, perintahnya adalah :

gnome-screenshot -d 3

angka 3 diatas adalah berapa detik timer yang dibutuhkan sebelum sistem mengambil screenshot.

 

Bagaimana ? Mudah bukan ?

Sistem operasi Linux tidaklah sulit bila sudah terbiasa. Anda juga tidak perlu ragu dengan Linux karena kian hari, sistem berlambang Pinguin ini terus mengembangkan fitur-fitur yang dimilikinya.