Cara Sembunyikan File Atau Folder Di Dalam Gambar Di Linux

Cara Sembunyikan File Atau Folder Di Dalam Gambar Di Linux

Kita semua pasti punya file-file atau folder rahasia di komputer pribadi. Entah itu file-file kerja Anda atau file-file penting lainnya yang Anda tidak ingin orang lain untuk melihatnya. Untuk memproteksinya, biasanya banyak dari kita yang membuat sub-folder yang begitu banyak dan meletakkan file rahasia pada subfolder tersebut dengan harapan sulit untuk ditemukan orang lain.

Pernahkah Anda berpikir cara lain untuk menyembunyikan file rahasia Anda ? misalnya dengan menyembunyikan file kedalam sebuah file gambar. Penasaran ?

Untuk menyembunyikan file rahasia di dalam file gambar sangatlah mudah. Namun sebelum memulai Anda perlu menyiapkan sebuah folder yang berisi gambar-gambar (.png atau .jpg) dan juga file atau folder yang ingin kamu sembunyikan. Gunakan perintah CD untuk pindah ke direktori yang memuat gambar dan file yang ingin Anda sembunyikan. Dalam folder tersebut, tersimpan gambar.jpg dan file.docx sebagai contoh.

$ cd Documents/rahasia

Kemudian kita akan buat satu file zip dari file rahasia. Gunakan peritnah berikut :

$ zip -r file_rahasia.zip file.docx

Selanjutnya kita akan menggabungkan file zip tersebut dengan sebuah gambar .jpg. Dengan menggunakan perintah cat seperti dibawah ini :

$ cat gambar.jpg file_rahasia.zip > gambar_rahasia.jpg

File gambar_rahasia.jpg kemudian akan muncul di dalam direktori. Gunakan perintah Is untuk melihat apa saja isi direktori tersebut. Untuk gambar, Anda bisa menampilkan gambar tersebut dengan aplikasi image viewer yang biasa Anda gunakan.  Kemudian , Anda bisa menghapus file zip dan file rahasia tadi, dengan menggunakan perintah :

$ rm file_rahasia.zip

$ rm file.docx

Untuk membuka file rahasia yang terdapat di dalam gambar, Anda cukup meng-unzip file tersebut yang sudah menjadi gambar. Caranya dengna perintah dibawah ini :

unzip gambar_rahasia.jpg

 

 

Bagaimana ? Mudah Bukan ?

Semoga bermanfaat !