Linux Untuk PC Desktop Anda

Filosofi server yang sangat membedakan Unix dengan keluarga besar Windows terutama kelas win95 atau win98. Aplikasi server terutama di tujukan agar sebuah komputer dapat memberikan servis kepada banyak client. Beberapa contoh server yang sering kita gunakan sehari-hari di Internet adalah Web server, mail server, remote access server. Pengguna komputer umumnya berinteraksi ke server melalui perangkat lunak client yang di instal di PC / workstation si pengguna. Karena pengguna tidak secara langsung duduk di layar (console) server maka umumnya aplikasi grafik / Grafik User Interface (GUI) tidak dipasang di server.

Berbeda dengan server, komputer yang ditujukan sebagai client yang berinteraksi langsung dengan pengguna akan sangat membutuhkan beberapa kemampuan yang biasanya tidak dimiliki oleh server, akan tetapi juga tidak memerlukan kapasitas / kemampuan yang besar yang umumnya hanya dimiliki oleh server. Adapun prasyarat sebuah sistem operasi yang di gunakan untuk client secara umum adalah:

  • Mudah di install dan juga mudah digunakan.
  • Reliabel & sudah di test betul-betul.
  • Aman untuk digunakan di Internet maupun dari bahaya virus.
  • Sangat ramah kepada pembeli, dengan berbagai fasilitas customer support.
  • Banyak fitur tambahan yang akan membuat hidup anda lebih bahagia.

Sebuah distribusi yang ingin mendukung penggunaan di desktop PC harus mudah di install bahkan harus bisa mendeteksi secara otomatis perangkat keras yang ada di PC. Program instalasi dengan mode grafik dan prakonfigurasi yang di tata dengan baik akan memudahkan kita untuk memperoleh hasil yang maksimal dari sistem operasi Linux tersebut. Salah satu seni dalam penggunaan Linux biasanya dukungan untuk dapat booting ke beberapa sistem operasi sekaligus dan secara otomatis, sukur-sukur bila menu booting-nya dapat berupa tampilan grafik seperti yang ada di best linux. Sebaiknya sesudah instalasi penggunaan komputer anda semua-nya dapat dilakukan secara grafik tanpa perlu menggunakan text command mode, supaya tidak terlalu menyulitkan bagi pengguna yang newbie dalam dunia per-Linux-an.Terus terangnya, jika anda pandai menggunakan text command di Linux, sebetulnya anda bisa mengeksploitasi secara lebih maksimal kemampuan Linux tsb. Tapi memang kemampuan ini bukan untuk newbie.

Reliabilitas & kestabilan perangkat sistem operasi Linux adalah sesuatu yang harus di perhatikan baik-baik karena jika belum stabil kemungkinan besar sistem operasi yang anda gunakan akan hang pada saat anda menggunakan PC anda. Sebaiknya developer distribusi Linux melakukan beta test dulu dari distribusi-nya ke ribuan beta tester dalam berbagai lingkungan penggunaan sebelum di keluarkan secara resmi sebagai paket distribusi. Konsekuensi jika proses pengetestan tsb tidak terlalu mendalam, akan sangat banyak bug
yang tertinggal di sistem operasi yang bisa membuat kepala anda pusing tujuh keliling. Rumor yang ada diantara teman-teman Linux menyebutkan bahwa RedHat masih kurang baik proses beta testingnya sehingga banyak bug yang masih tertinggal. Saya sendiri mengalami masalah pada saat menggunakan RedHat untuk aplikasi amatir radio ternyata banyak sekali error / bug yang muncul; sebagian teman akhirnya menggunakan distribusi slackware yang lebih sederhana tapi jalan / beroperasi dengan baik untuk amatir radio.

Dengan semakin terinterkonesi-nya jaringan komputer dimana-mana, isu keamanan menjadi sangat penting. Alangkah baiknya jika berbagai distribusi Linux yang ada bisa menjamin bahwa pada saat booting tidak ada program yang tidak dibutuhkan yang di jalankan secara otomatis. Hal ini penting untuk menjamin pengguna desktop yang umumnya bukan orang teknik tidak perlu bersusah payah menjaga desktop mereka dari serangan cracker / hacker.

Tentunya cerita akan lebih menarik lagi jika distribusi Linux juga di sertai dengan manual yang komprehensif, ribuan aplikasi untuk Linux selain keamanan yang kuat. Memang harus di akui bahwa sebagian besar dari distribusi Linux yang ada di dunia saat ini masih belum terlalu di arahkan untuk aplikasi client pada desktop. Seseorang harus melakukan tuning pada distribusi Linux yang dia miliki jika menginginkan agar aspek-aspek penggunaan pada client dapat di penuhi. Mungkin dari sekian banyak distribusi Linux yang ada Best Linux adalah salah satu distribusi Linux yang berusaha sangat kuat untuk mengarah pada target market end user untuk pengunaan desktop / PC di rumah.

Dalam kesempatan berjalan-jalan di COMDEX atas sponsor teman-teman di Asosiasi
Pengusaha Komputer Indonesia (APKOMINDO) terutama di Paviliun Linux. Diperoleh beberapa data yang menarik yang dapat dituangkan dalam sebuah tabel. Tampak pada gambar adalah tabel yang membandingkan beberapa distribusi Linux yang umumnya digunakan di seluruh dunia. Tabel ini dibuat terutama untuk aplikasi di desktop atau di rumahan jadi bukan untuk aplikasi server di kantor / kampus yang persyaratannya lebih berat lagi. Mohon maaf saya belum bisa menampilkan Linux Merdeka yang dibuat teman-teman seperti Made Wiryani, Wayan & Bobby karena memang kebetulan
saya belum memperoleh CD-nya untuk di evaluasi.

Best Linux Caldera RedHat Mandrake Corel SuSE
Versi 2000 2.4 6.2 7.1 1.0 6.4
Manual (halaman) 400 500 400 550
Support 1-2 th 90 hari 100 hari 30 hari 60 hari
Tidak secara automatis server tdk aman? X 1
Proteksi sambungan tak aman? X
StarOffice siap dipakai? X X X X
Home Ready
Keamanan software? X
Konfigurasi soundcard? X X X X
Konfigurasi Printer? X X X X
Monitor windows disk? X
Grafik boot mode? X 1 X X
CD game X
multi-OS? X X

1 = tergantung metoda instalasi yang digunakan.

Dalam gambaran sepintas tampaknya ada tiga (3) distribusi Linux yang menarik untuk digunakan untuk aplikasi desktop / rumahan yaitu SuSE http://www.suse.com, Mandrake dan Best Linux. Di antara ketiganya tampaknya Best Linux http://www.bestlinux.net yang lebih di fokuskan untuk aplikasi desktop / rumah-an. Aplikasi yang lain tetap baik untuk digunakan akan tetapi lebih ditujukan barangkali untuk server dll.

You may also like...