Trik Linux Yang Wajib Diketahui Bagi Pemula

Trik Linux Yang Wajib Diketahui Bagi Pemula

Bagi pengguna baru Linux memang terasa sangat merepotkan utnuk mengoprasikan sistem operasi yang satu ini. Segalanya terlihat berbeda dari Windows dan terkadang kamu hanya bisa menggaruk kepala untuk melakukan task tertentu di Linux. Meskipun command line pada Linux membuat segalanya jadi lebih mudah, bagi sebagian orang terasa sangat menyulitkan.

Untungnya, kamu hanya perlu beberapa trik untuk merasa nyaman dengan terminal pada Linux. Berikan waktu beberapa hari, dan kamu akan terbiasa dengan Command Line.

Kalau kamu belum pernah menggunakan command line sebelumnya,  sebaiknya kamu berkenalan dulu dengan terminal sebelum melanjutkannya. Namun jika kamu yakin, silahkan lanjutkan membaca.

 

Menemukan Command Yang Tepat

Kamu bisa melakukan banyak hal dari  Terminal yang mana hal itu justru membuatnya terlihat rumit. Dengan banyaknya perintah yang tersedia, bagaimana kamu bisa tahu perintah mana yang digunakan untuk situasi tertentu ?

Kabar baiknya, kamu tidak perlu mengingat apapun. Dengan menggunakan command apropos, kamu bisa dengan cepat mencari tahu command yang perlu digunakan untuk melakukan aksis teretntu.

apropos “description”

Dengan mengetikkan perintah diatas, kamu akan melihat semua perintah (command) yang cocok dengan “description”. Jadi kalau kamu ketik :

apropos “list directory”

Hasilnya adalah semua command yang memuat kata “list directory” pada bagian helpnya. Misalnya dir,ls,ntfsls, dan vdir.

 

Mengeksekusi Command Sebelumnya

Siapapun yang menggunakan Linux untuk waktu yang lama, pada akhirnya lebih menggunakan command line untuk melakukan troubleshooting. Suatu hari, kamu mungkin harus mengetikkan dan mengetikan lagi perintah command line yang sama.

Salah satu cara untuk mengatasi hal ini yaitu dengan menekan tombol Up, yang mana akan mengulangi command yang sudah pernah diketik. Ini adalah cara yang paling sering pemula lakukan, namun ada cara yang lebih baik.

History command akan memuat semua command yang sudah kamu ketikkan sejak terminal diluncurkan bersama dengan nomor identifikasi disebelah masing-masing command. Kamu bisa mengulang command yang terdaftar dengan mengetikkan :

!#

Dimana # adalah nomor yang terdaftar pada command yang ingin kamu ulangi. Cara ini lebih nyaman daripada menekan tombol Up berulang kali untuk menemukan satu command yang perlu di ulang.

Nah, itulah 2 tips dasar seputar command line Linux yang perlu kamu ketahu.

Semoga bermanfaat !