Inilah Linux Paling Ringan untuk Spesifikasi Komputer yang Rendah

Posted on

Linux terkenal sebagai salah satu sistem operasi komputer terbaik yang dapat menggantikan windows. Ia tergabung di bawah lisensi dari General Public License (GPL). Bedanya dengan windows, sistem operasi dari Linux lebih rumit dari sistem operasi windows yang sering kita temui. Tidak hanya sistem operasinya, ia pun juga memiliki sistem keamanan yang lebih rumit dari pada windows.

Kelebihan lain dari Linux adalah ia mempunyai beberapa tipe yang dapat digunakan pada komputer dengan spesifikasi yang rendah. Berikut adalah beberapa tipe Linux paling ringan yang harus anda ketahui.

Linux Paling Ringan untuk Spesifikasi Komputer yang Rendah

  1. Lubuntu

Tipe Linux paling ringan yang bernama Lubuntu ini merupakan varian dari Ubuntu dengan versi yang lebih cepat, hemat resources, dan juga ringan. Lubuntu hadir dengan interface desktop Lighweight X11 Desktop Environment (LXDE). Dengan varian Ubuntu versi ringan ini, anda pun masih dapat memakai komputer – komputer anda versi lama, karena sistem operasi ini hanya membutuhkan 640 MB.

  1. Damn Small Linux (DSL)

Pada awalnya, kemunculan Damn Small Linux hanyalah sebagai sistem percobaan yang hanya akan menjadi perlengkapan pribadi saja. Sebelum akhirnya berkembang menjadi salah satu dari proyek besar dengan sistem instalasi jarak jauh dilengkapi sistem backup and restore yang sangat memudahkan penggunanya. Selain itu, Linux paling ringan ini juga dapat digunakan dengan USB flashdisk, Floppy Disk, serta Hardisk sekalipun.

  1. Xubuntu

Tipe Linux paling ringan lainnya adalah Xubuntu. Ia merupakan sistem operasi yang paling elegan dan mudah digunakan diantara yang lain. Sistem operasi Xubuntu dilengkapi dengan interface Xfce yang membuat interface desktop menjadi stabil, mudah dioperasikan, serta ringan dalam penggunaannya. Maka dari itu, tipe ini sangat cocok anda gunakan jika anda menginginkan tampilan modern dengan laptop atau komputer keluaran lama serta sistem kerja yang baik. Ia hanya membutuhkan kapasitas 512 MB untuk menjalankan sistem inti sebesar 1 GB saja.

 

Beberapa tipe Linux di atas dapat memberikan anda opsi dalam memilih sistem operasi untuk desktop, laptop maupun netbook anda yang memiliki kapasitas yang rendah. Jadi, anda tidak perlu menjual komputer – komputer anda yang lama karena permasalahan sistem operasi yang tidak mumpuni di spek yang rendah. Selamat mencoba!